Minggu, 22 Mei 2016

Profil Fakultas Ilmu Komunikasi

Pelaksanaan pembangunan sektor pendidikan bertujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa, berkualitas, sehat, cerdas, terampil dan sejahtera serta menguasai IPTEK. Dalam rangka percepatan perwujudan sumber daya manusia Riau yang berkualitas, handal dan mampu berkompetisi serta berkolaborasi pada globalisasi, maka diperlukan pengembangan dan pembukaan jurusan baru, seperti Fakultas Ilmu Komunikasi.
Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) berdiri berdasarkan Surat Keputusan Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 1078/D/T/2009, dimaksudkan untuk mempercepat perwujudan sumber daya manusia Riau yang berkualitas, handal dan mampu berkompetisi serta berkolaborasi pada globalisasi.
Beberapa alasan lain mengapa Fakultas ini diperlukan, yakni:
1. letak Riau yang sangat strategis, selain mudah dijangkau melalui transportasi darat, laut dan udara, Riau juga memiliki potensi alam yang melimpah.
2. dinamika pertumbuhan teknologi komunikasi, industri media serta perkembangan bidang Ilmu Komunikasi telah menciptakan kebutuhan yang terus meningkat akan sumber daya manusia yang paham dan menguasai bidang Ilmu Komunikasi.
3. jumlah peminat untuk memasuki Fakultas Ilmu Komunikasi itu pun umumnya cukup tinggi dimana hal ini masih belum seimbang dengan jumlah perguruan tinggi terutama di Provinsi Riau.
Tujuan Pendirian Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Islam Riau membuka Fakultas Ilmu Komunikasi bertujuan untuk :
  1. Menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki daya kompetensi, berkredibilitas, kompetitif, komunikatif, kewirausahaan, dalam bidang media massa, periklanan, kehumasan dan manajemen industri media, yang profesional, berwawasan enterpreneurship yang berlandaskan nilai-nilai integritas guna memenuhi permintaan pasar.
  2. Menghasilkan dan mengembangkan produk penelitian yang berkualitas dibidang ilmu komunikasi.

Visi Fakultas Ilmu Komunikasi :
“Mewujudkan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau yang unggul dan berkompetensi, kompetitif dalam bidang ilmu komunikasi, berwawasan entrepreneurship yang berlandaskan pada integritas region Asia Tenggara Tahun 2020”
Misi Fakultas Ilmu Komunikasi :
Misi yang akan dijalankan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau adalah:
  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan ilmu komunikasi yang menekankan pada pengembangan keahlian dibidang media massa, periklanan, kehumasan dan manajemen industri media yang berwawasan enterpreneurship dilandasi interitas.
  2. Mempersiapkan dan mengembangkan insan-insan penelitian sesuai dengan bidang konsentrasi ilmu komunikasi yang berguna bagi fakultas, universitas, pemerintah dan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu komunikasi yang berdaya guna ditengah-tengah masyarakat.
  4. Membangun kemitraan dengan instansi swasta, pemerintah dan lembaga pendidikan lain untuk mendukung pengembangan fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar